Kapus

Kapus

NYAAH KA KOLOT

 INOVASI NYAAH KA KOLOT


A. Pendahuluan

Lansia merupakan seorang dewasa sehat yang mengalami proses perubahan menjadi seorang yang lemah dan rentan yag diakibatkan karena berkurangnya sebagian besar cadangan system fisiologis dan meningkatnya kerentanan terhadap berbagai penyakit dan kematian ( Setiati et al, 2009).

Keberadaan lansia seringkali dipersepsikan secara negative, dianggap sebagai beban keluarga masyarakat dan sekitarnya serta dianggap sebagai individu yang tidak mandiri. Kenyataan ini mendorong semakin berkembangnya anggapan bahwa menjadi tua identik dengan semakin banyaknya masalah yang dialami oleh lansia. Lansia cenderung dipandang masyarakat tidak lebih dari sekelompok orang yang ketergantungan dengan orang- orang yang ada disekitarnya ( Huda, 2004). 

B.       Latar Belakang

Kemandirian pada lansia dinilai dari kemampuannya untuk melakukan aktifitas sehari- hari (Mariam, 2008). Menurut penelitan yang dilakukan swardana dan ariesta, pada tahun 2012 tentang karakteristik lansia dengan kemudian aktifitas sehari- hari didapatkan bahwa kemandirian aktifitas sehari- hari di pengaruhi oleh usia, tingkat pendidikan, status perkawinan, serta kondisi kesehatan. Berdasarkan hal tersebut, factor yang masih dapat dimodivikasi/ dikontrol adalah kondisi kesehatan.

Secara umum, semakin menua seseorang, kondisi kesehatan juga akan mengalami penurunan.Berdasarkan hasil riskesdas (2013) diketahui bahwa prevlensi penyakit yang sering di derita lansia adalah hipertensi, penyakit radang sendi, PPOK, Kanker, dan Diabetes Melitus. Di posyandu lansia puskesmas Pameungpeuk penyakit paling banyak yang diderita lansia adalah Hipertensi

Kondisi kesehatan seseorang lansia selain dipengaruhi oleh penyakit juga secara tidak langsung dipengaruhi oleh hal lain seperti status gizi. Masalah gizi pada lansia perlu menjadi perhatian khusus karena mempengaruhi status kesehatan dasar dan moralitas. Gizi kurang maupun gizi lebih pada masa dewasa akan memperburuk kondisi fungsional dan kesehatan fisik (McNaughton,2012). Status gizi buruk atau kurang akan menyebabkan lansia sulit dalam melakukan aktifitas sehari- hari ( Setiani, 2011).

C.    Tujuan Umum dan Tujuan Khusus

1.      Tujuan Umum

Untuk meningkatkan status kesehatan dan kualitas kehidupan lansia agar dapat menikmati masa tua yang sejahtera, bahagia dan berdaya guna bagi diri, kehidupan keluarga, dan masyarakat sesuai dengan lingkungannya.

2.      Tujuan Khusus

a.       Menjaga dan meningkatkan kesehatan dan kebugaranlansia baik secara psikis maupun     fisik.

b.      Menjalin tali silaturahmi para lansia di tempat tersebut

c.       Menjaga kesetabilan psikologi dan psikososial para lansia. 

D.    Kegiatan Pokok dan Rincian Kegiatan

Kegiatan Pokok          : Memprioritaskan pasien Lansia Yang benar benar membutuhkan bantuan

Rincian Kegiatan        :

1.      Menimbang berat badan

2.      Mengukur tinggi badan

3.      Mengukur tekanan darah

4.      Melakukan pemeriksaan. 

E.     Cara Melaksanakan Kegiatan

1.      Pasien datang ke puskesmas langsung di sambut oleh petugas

2.      Pasien di persilahkan untuk duduk di kursi prioritas

3.      Petugas melakukan pendaptaran

4.      Pasien di antarkan oleh petugas ke ruangan Lansia

5.      Petugas melakukan Anamesa kepada pasien

6.      Melakukan pengukuran tekanan darah

7.      Melakukan penimbangan berat badan

8.      Dilakukan pemeriksaan oleh Dokter

9.      Petugas mengambil resep obat yang di berikan oleh dokter

10.  Mempersilahkan pasien untuk menunggu d kursi tunggu

F.     Sasaran

1.      Lansia  yang berkunjung ke Puskesmas 

G.    Jadwal Pelaksanaan Kegiatan

Jadwal pelaksanaan setiap hari pada jam kerja

H.    Monitoring Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan dan Pelaporan

Evaluasi pelaksanaan kegiatan dilakukan untuk melihat apakah kegiatan sudah terlaksana sesuai jadwal atau belum. Pelaporan dibuat dan dilaporkan kepada kepala puskesmas.

I.       Pencatatan, Pelaporan, dan Evaluasi Kegiatan

Dokumen yang diperlukan dalam kegiatan ini adalah bukti pelaksanaan kegiatan Rekam medis,  Buku Register, Pelaporn kegiatan ini dilakukan setiap akhir bulan.


gambar leafleat/Brosur


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "NYAAH KA KOLOT"

Posting Komentar

Dimana saya dapat mengetahui informasi lengkap mengenai profil Upt Puskesmas Pameungpeuk? informasi lengkap mengenai upt puskesmas p...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel