Kapus

Kapus

MANTAN SADIS

PROGRAM INOVASI KESLING

MANTAN SADIS

(Pemanfaatan Sampah Medis) 


MANTAN SADIS

A. PENDAHULUAN

Upaya kesehatan merupakan kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan yang bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Upaya kesehatan diselenggarakan dengan pendekatan pemeliharan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif), yang dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal, pembaharuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Kata kuncinya adalah hal yang baru, pembaharuan dan penemuan baru.

Undang-undang (UU) Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, pasal 17 ayat 1 menyebutkan bahwa pemerintah bertanggung jawab atas ketersediaan akses terhadap informasi, edukasi, dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk meningkatkan dan memelihara derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Penyehatan lingkungan adalah upaya untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan pencegahan terhadap penurunan kualitas lingkungan melalui upaya promotif, prefentif, penyelidikan, pemantauan terhadap tempat umum, lingkungan pemukiman, lingkungan kerja, angkutan umum, lingkungan lainnya terhadap substansi yaitu air, udara, tanah, limba padat, cair, gas, kebisingan, pencahayaan, habitat vektor penyakit, radiasi, kecelakaan, makanan, minuman dan bahan berbahaya.

 

 B. LATAR BELAKANG

Pengertian Sampah adalah material sisa yang dibuang sebagai hasil dari proses produksi, baik itu industri maupun rumah tangga. Definisi lain dari sampah adalah sesuatu yang tidak diinginkan oleh manusia setelah proses/ penggunaannya berakhir.

Adapun material sisa yang dimaksud adalah sesuatu yang berasal dari manusia, hewan, ataupun dari tumbuhan yang sudah tidak terpakai. Wujud dari sampah tersebut bisa dalam bentuk padat, cair, ataupun gas.

Banyaknya sampah medis bekas cairan infus memicu kami untuk memanfaatkan bekas cairan infus menjadi pot bunga.

C. TUJUAN

Mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat

 D. PROSES PELAKSANAAN

Inovasi program ini di bentuk untuk memanfatkan sampah medis dan diolah lalu digunakan sebagai pot bunga di UPT Puskesmas Pameungpeuk.

 

Pengelolaan Sampah

Sampah Medis bekas cairan infus direndam memakai larutan klorin dan dicuci menggunakan sabun lalu dikeringkan

 erikut salah satu Foto-foto dari program Inovasi

MANTAN SADIS









 










Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "MANTAN SADIS "

Posting Komentar

Dimana saya dapat mengetahui informasi lengkap mengenai profil Upt Puskesmas Pameungpeuk? informasi lengkap mengenai upt puskesmas p...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel